1. Reputasi Perusahaan Asuransi
Faktor pertama dan utama saat memilih asuransi mobil adalah reputasi dan kredibilitas dari perusahaan penyelenggara jasa asuransi mobil tersebut. Anda harus benar-benar tahu track record dari perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk mengikuti dan membeli produk asuransinya.Ada beberapa poin indikator yang bisa anda jadikan tolok ukur untuk mengetahui reputasi sebuah perusahaan asuransi mobil, yaitu :
- Sudah berapa lama perusahaan itu berdiri.
- Berapa banyak nasabahnya.
- Apakah sudah memiliki sertifikasi atau standar kualitas, misalnya ISO.
- Apakah memiliki penghargaan terhadap kualitas dan pelayanan konsumen seperti misalnya Indonesian Best Brand Award atau Indonsian Customer Satisfaction Award.
- Dengarkan tanggapan dari nasabah yang sudah mengikuti lebih dahulu.
- Jika itu perusahaan go public, perhatikan juga nilai sahamnya.
2. Besarnya Biaya Premi Asuransi
Setelah memperoleh beberapa calon perusahaan asuransi mobil yang sudah memiliki reputasi baik, langkah selanjutnya anda mulai berhitung dan membandingkan biaya premi. Dalam hal ini tidak lantas anda memilih mana yang termurah biaya preminya, namun pilihlah asuransi yang memiliki rasio pelayanan/jaminan terhadap biaya premi asuransi terbaik. Artinya, pastikan biaya premi yang anda bayarkan benar-benar sebanding dengan pelayanan dan jaminan yang anda dapat.
Selain melihat pada sisi perusahaan asuransi seperti pelayanan dan jaminan tadi, anda juga harus introspeksi dan mengevaluasi kemampuan diri sendiri. Jangan sampai biaya premi asuransi mobil malah menjadi beban dan memberatkan keuangan anda. Poinnya, pilihlah asuransi mobil dengan biaya premi yang terjangkau oleh kantong anda dengan tetap memperhatikan jaminan yang diberikan.
Setiap perusahaan asuransi tentu akan berlomba-lomba menyediakan produk dan layanan yang menarik, unik dan kreatif bagi konsumennya. Bahkan sampai-sampai ada produk jaminan yang disebut ALL RISK yang berarti menanggung semua resiko kerugian yang mimpa mobil anda. Produk ini tentu ditujukan bagi konsumen kategori mampu dan tidak mau repot menghitung-hitung mana produk asuransi yang akan dipilih untuk mobilnya.
Kesimpulannya, pilihlah perusahaan asuransi dengan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda dengan tetap memperhatikan besarnya biaya premi yang harus dibayar.
Selain melihat pada sisi perusahaan asuransi seperti pelayanan dan jaminan tadi, anda juga harus introspeksi dan mengevaluasi kemampuan diri sendiri. Jangan sampai biaya premi asuransi mobil malah menjadi beban dan memberatkan keuangan anda. Poinnya, pilihlah asuransi mobil dengan biaya premi yang terjangkau oleh kantong anda dengan tetap memperhatikan jaminan yang diberikan.
3. Kualitas Produk dan Layanan
Faktor ketiga ini bisa saya umpamakan dengan fitur pada sebuah perangkat smartphone. Saat memilih asuransi, tentu anda akan ditawari oleh berbagai produk dan layanan yang menarik dari masing-masing perusahaan asuransi mobil. Nah, produk dan layanan inilah yang saya sebut sebagai "fitur" tadi.Setiap perusahaan asuransi tentu akan berlomba-lomba menyediakan produk dan layanan yang menarik, unik dan kreatif bagi konsumennya. Bahkan sampai-sampai ada produk jaminan yang disebut ALL RISK yang berarti menanggung semua resiko kerugian yang mimpa mobil anda. Produk ini tentu ditujukan bagi konsumen kategori mampu dan tidak mau repot menghitung-hitung mana produk asuransi yang akan dipilih untuk mobilnya.
Kesimpulannya, pilihlah perusahaan asuransi dengan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda dengan tetap memperhatikan besarnya biaya premi yang harus dibayar.
4. Kemudahan Proses Claim
Satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan asuransi adalah kemudahan proses claimnya. Jangan sampai produk dan layanan yang sudah begitu bagus nantinya tidak dapat anda rasakan manfaatnya karena prosedur claim asuransi yang sulit atau bahkan dipersulit.Setiap perusahaan asuransi melalui marketing atau media promosinya pasti akan "manis pada awalnya". Mereka pasti menjanjikan pelayanan terbaik termasuk dalam hal ini kemudahan proses claim saat terjadi insiden pada mobil anda. Namun yang penting tentu bukan janji-janji manis tersebut melainkan bagaimana perusahaan asuransi akan melayani anda jika terjadi claim.
Untuk menilai kemudahan proses claim pada perusahaan asuransi memang tidak mudah. Fasilitas-fasilitas seperti call center dan customer service terkadang hanya bersifat pelengkap saja tanpa bisa berfungsi banyak dalam membantu anda. Dalam hal ini akan sangat baik jika anda mendengar testimoni dari pelanggan lama terutama yang dekat dengan anda seperti teman atau saudara sebelum anda memutuskan untuk memilih dan bergabung dengan salah satu perusahaan asuransi.
5. Bengkel Rekanan
Pertimbangan terakhir dalam memilih asuransi mobil adalah kualitas dan kinerja dari bengkel rekanan. Ini berkaitan erat jika nanti claim anda disetujui dan ditindak lanjuti dengan penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK) oleh perusahaan asuransi. SPK ini merupakan surat perintah kepada bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan terhadap mobil anda. Nah disinilah muara dari pelayanan asuransi, yaitu bagaimana kualitas dari kerja bengkel rekanan dalam mengerjakan mobil anda.Bengkel rekanan yang baik dan sudah profesional akan mampu menghasilkan layanan service yang memuaskan anda. Dan jaminan bahwa kondisi mobil anda akan kembali seperti semula sebelum terjadi kecelakaan bukan hanya ada dalam promo dan perjanjian namun bisa diwujudkan menjadi kenyataan oleh kinerja dari bengkel rekanan.
Penutup
Itulah 5 tips dalam memilih asuransi mobil yang baik dan cocok untuk anda. Bagaimana pun juga tips-tips tersebut hanya sebagai bahan pertimbangan dan keputusan terakhir tetap berada ditangan anda. Pastikan memilih asuransi mobil yang benar-benar memberi manfaat bagi anda.
Tag :
Tips Asuransi
0 Komentar untuk " 5 Tips Memilih Asuransi Mobil "